Studi Kasus Septyan Adhi Kristanto (Laporan Rahasia)

NAMA            : SEPTYAN ADHI KRISTANTO

NIM                : 140411604306 / OFF. GG

PRODI            : S1 PENDIDIKAN TATA NIAGA
Analisis Studi Kasus !!

Sumber           : Buku  “ Sistem Informasi Manajemen”  Reymond McLeod Jr & George

  1. Schell

 

LAPORAN RAHASIA

 

Perusahaan Anda, Fair Heights, disewa oleh perushahaan lain untuk melakukan pemeriksaan latar belakang terhadap para eksekutif perusahaan. Para eksekutif ini biasanya adalah manajer senior perusahaan dengan jabatan wakil presiden atau lebih tinggi. Kebanyakan pemeriksaan ini dilakukan pada eksekutif yang dipertimbangkan untuk menjabat suatu posisi , namum terkadang anda juga melakukan pemeriksaan pada eksekutif yang sedang menjabat. Pengumpulan informasi ini bukanlah jasa utama yang disediakan oleh Fair Heights. Analisis informasi dan rekomendasi keamanan adalah layanan yang membuat perusahaan Anda Unik.

 

Selama 10 tahun terakhir, Fair Heigh selalu menyediakan laporan untuk kliennya secara pribadi atau dalam laporan teartulis yang dikirmkan oleh seorang kurir. Permintaan untuk membuat rekomendasi ini tersedia di Internet semakin meningkat. Alasannya adalah karena perusahaan ini adalah perusahaan multinasional dan mengumpulkan eksekutif – eksekutif utama untuk mempelajari laporan Fair Heights akan menjadi suatu hal yang sulit atau mahal untuk dilakukan. Pengaturan ini dapat menyebabkan penundaan dan perusahaan-perusahaan tersebut menginginkan informasi penting ini dikirimkan secepat mungkin.

 

Pergantian ke laporan berbasis Web tidak dapat dicegah lagi. Tugas Anda adalah membuat laporan untuk komite perencanaan yang mengidentifikasi dan menjawab isu-isu penting.

 

 

Analisis Studi Kasus

Tujuan Keamanan Informasi

Keamanan Informasi ditujuan untuk mencapai tiga tujuan utama : Kerahasiaan, Ketersediaan, dan Integritas

 

  • Keamanan

Laporan Fair Heights yang dapat diakses melalui web dapat bersifat keamanan apabila di dalam web tersebut diberi sistem keamanan yang diinstall di dalam web tersebut. Laporan yang berbasis web dapat memberikan keamanan pada data atau informasi manajemen dengan cara melakukan pembatasan kepada hak akses penggunaan sistem informasi. Web tersebut hanya dapat diakses oleh  para pejabat penting perusahaan yang memiliki kepentingan. Dengan adanya pemabatasan akses tersebut akses keamanan dari sistme informasi tersebut dapat terjaga.

 

  • Ketersediaan

 

Dengan adaanya Laporan Web yang dimiliki oleh Fair Heights diharapkan para pemangku kepentingan dapat mendapat informasi yang mereka butuhkan dengan baik dan tkdak memiliki kendala. Selain itu para para pemangku kepentingan dapat melakukan kegiatan update informasi dengan adanya laporan penjuaan ini.

  • Integritas

 

Dengan adanya laporan web tersebut perusahaan dapat menggunakannya untuk mendapat nilai positif yang dapat diambil. Selain itu dengan laporan yang terupload di web juga dapat menambah mudahnya aksesbilitas dari pengguna dan pemakai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ancama Sistem Informasi yang berupa Laporan Web

Ancaman Internal dan Eksternal

Ancaman Internal dari Laporan web mencakup para pemegang kekuasaan wb, tetapi juga pekerja temporer, dan juga mitra bisnis tersebut. Hak akses yang digunakan web yang berisi laporan penjualan tersebut harus dijaga dengan baik agar tidak jatuh kepada orang yang kurang bertanggung jawab. Dan juga Sistem Informasi harus dibuat sesederhana mungkin untuk agar dapat membuat nyaman para penggunanya.

 

Selain virus dan hacker juga harus diperhatikan oleh perusahaan pengguna laporan web tersebut. Apabila laporan web tersebut terkena virus dan hacker maka web atau laporan tersebut akan mengalami kerusakan dan dapat tidak digunakan secara optimal lagi.

 

Untuk itu ada beberapa cara dapat digunakan agar laporan web tersebut aman dari ancaman-ancaman tersebut baik secara eksternal maupun internal yaitu menjalankan kebiajakan keamanan informasi dan pengendalian. Kebijakan keamanan informasi meliputi :

 

  • Inisiasi proyek
  • Penyusunan kebijakan
  • Konsultasi dan persetujuan
  • Kesadaran dan pendidikan
  • Penyebarluasan kebijakan

 

Selain itu agar perusahaan aman dapat juga digunakan pengendalian akses yang dapat berupa penggunaan password dan username dalam web sehingga dapat dilakukan pembatasan akses secara maksimal dan optimal

 

 

 

 

Saran

 

Agar laporan web bagi para pemangku kepentingan dapat efektif perlu dilakukan hal-hal berikut ini yaitu :

 

  • Memasang dan memelihara Firewall
  • Selalu mengupdate atau memperbarui keamanan yang telah dimiliki
  • Memberikan id user yang dapat berupa username dan password bagi para pengguna sistem informasi
  • Secara teratur menguji sistem keamanan yang dipasan di web
  • Membatasi akses data kepada orang-orang yang ingin tahu
  • Melakukan pengecakan data kepada database data yang disimpan
  • Melakukan pengecekan data kepada database tabase yang telah diudate.

 

 

Tinggalkan komentar